Sambut Normal

Pekerjaan yang bisa dilakukan umumnya adalah pekerjaan yang berbasis on-line, salah satunya mengelola bisnis online store. Selama pandemi, memakai masker setiap bepergian ke luar rumah – menjadi langkah pencegahan penularan virus yang sangat efektif. Masker dapat melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mungkin mengandung virus. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat – juga meliputi pola makan sehat.

Surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/ Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas PCR Test/ Rapid Test. Surat keterangan bebas gejala seperti influenza bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas RT-PCR maupun Rapid Test. Apabila mengalami keluhan kesehatan yang dicurigai COVID-19 segera konsultasikan dengan tenaga kesehatan melalui telemedicine seperti sehatpedia, halodoc, good doctor, call middle COVID-19 setempat, dan lain lain.

PSBB sebagai langkah penanganan pandemi Covid-19 yang diterapkan pada sejumlah daerah di Indonesia merupakan faktor yang menyebabkan kontraksi pertumbuhan ekonomi pada pada triwulan II 2020. Menurut dia, tenaga kesehatan masyarakat memiliki kemampuan dalam memahami pola-pola promotif dan preventif Covid-19 di masyarakat. Itu diperlukan dalam merancang program dan kebijakan untuk mempercepat penanganan Covid-19. Agus mengatakan, peran tenaga kesehatan masyarakat sangat penting dalam penanganan Covid-19 pada setiap degree intervensi.

Memperjuangkan hak atas tempat kerja yang sehat dan aman tidak semata-mata hanya terlibat aktif dalam P2K3 menurut Permenaker RI Nomor PER. Namun serikat pekerja juga arus memberikan perhatian kepada hak kompensasi bagi pekerja yang terdampak. Menurut konvensi ILO 121 tentang Konvensi Tunjangan Kecelakaan Kerja, (No. 121), para pekerja tersebut harus mendapatkan kompensasi atas kerusakan . Setidaknya mereka harus diberi kompensasi atas hilangnya pendapatan dan untuk biaya pengobatan. Meski kita memahami beratnya tugas dan tanggung jawab serikat pekerja dalam memperjuangkan hak para anggotanya untuk kepastian status kerja dan upah yang layak.

Bekerja dalam masa Covid

Disituasi wabah seperti sekarang ini mencari pekerjaan menjadi sulit sebab pemerintah menganjurkan para pekerja untuk bekerja dari rumah atau do business from home . Pembatasan aktivitas di luar rumah dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona yang terus meningkat. WFH pun dipilih sebagai upaya untuk membatasi kerumunan atau kontak langsung dengan orang lain yang dapat menjadi transmisi penyebaran virus corona. Harapan besar dengan melakukan protokol masuk dan keluar rumah saat pandemi COVID-19 sesuai anjuran pemerintah tersebut, kita dapat membantu menghentikan penyebaran berbagai macam bakteri atau virus, termasuk Virus Corona, di dalam rumah. Namun, pada akhirnya, berdiam di rumah menjadi cara paling efektif untuk melindungi diri dan orang lain dari Virus Corona. Selain itu, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran virus ini.

Premaun