Streaming Polisi Paksa Putar Balik Puluhan Kendaraan Yang Hendak Mudik

Tak Kehilangan akal, meski kendaraan disetop petugas dan disuruh untuk putar balik, rombongan pemudik ini lanjutkan perjalanannya ke kampung halaman dengan berjalan kaki. “Ketiga yang non-pegawai negeri atau swasta dia diperbolehkan untuk keperluan semisal darurat medis, ibu hamil, disertai dengan surat izin keluar masuk dari RT/RW, kepala desa/kelurahan dan berlaku dalam satu kali perjalanan,” ujarnya. Teddy mengemukakan Satlantas Polrestabes Surabaya dan Dishub setempat melakukan pemasangan stiker khusus untuk pekerja di wilayah aglomerasi yang akan melakukan kegiatan kerja di masa larangan mudik.

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Sebanyak 129 kendaraan roda empat maupun roda dua terpaksa harus putar balik saat akan melintasi pos penyekatan di Kabupaten Kuansing, Riau. Hal ini dilakukan karena adanya larangan mudik lebaran oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang terus meningkat beberapa minggu terakhir. Palembang, Sumselupdate.com – Puluhan kendaraan dari arah Ogan Ilir menuju Palembang dicegat petugas di pos penyekatan Keramasan terkait penerapan aturan larangan mudik bagi warga. Diminta untuk putar balik karena tidak memiliki surat bebas covid-19, seorang wanita yang akan mudik ke Lampung menggunakan sepeda motor menangis di pos penyekatan Kabupaten Tangerang. Sementara seorang pengemudi mobil nekat menggunakan jaket TNI agar lolos dari pemeriksaan.

Ia menuturkan penyekatan dibagi dua bagian, yaitu lima penyekatan di Gerbang Tol Pasteur, Buahbatu, Pasirkoja, Kopo, dan Mohammad Toha. Adapun petugas yang disiapkan di titik sekat dipastikan akan melakukan penjagaan selama 24 jam. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal. Total ada sekitar one hundred kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

“Untuk mencegah penyebaran (COVID-19) ini karena penyebaran inilah membahayakan. Dirinya menegaskan, Korlantas berkomitmen akan menerapkan jaga jarak selama mudik demi mencegah penularan virus Corona. Diantaranya, Korlantas akan mengatur kapasitas penumpang dalam kendaraan saat mudik. Kakorlantas pun optimistis penyekatan berlapis ini akan meminimalkan jumlah pemudik yang pulang ke kampung halaman, sehingga diharapkan pemudik tidak menyebarkan Virus Corona di kampungnya.

Dalam penyekatan tersebut petugas masih menemukan belasan pemudik dari luar Jawa Tengah. “Kalau masih ada yang mudik, mau itu roda dua maupun roda empat, tetap kita tidak perbolehkan masuk . Video dijagat media sosial viral terkait dengan seorang pria muda yang mengenakan baju berwarna merah dengan rambut dikuncir, ketiduran di tengah jalan sampai salat Id bubar. Mereka dilarang mudik dengan semua moda kendaaraan transportasi darat, kereta api, laut, dan udara.

Apabila ada yang mau mudik maka akan disuruh untuk putar balik, karena memang dilarang mudik. Hal ini semata-mata untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Penyekatan jalur mudik yang dilakukan serentak di wilayah Jawa Tengah, menurutnya selalu diintensifkan selama 24 jam dengan petugas yang bergilir.

Pemudik disuruh untuk putar balik

Puluhan bus dan mobil pribadi yang hendak mudik ke kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, diberhentikan polisi di kawasan Jalur Pantura dan dipaksa putar balik ke arah Jakarta. Sementara di Yogyakarta, pemeriksaan ketat dilakukan kepada warga yang sudah terlanjur tiba di terminal. Saat berkendara, wanita ini pun terjaring operasi yang dilakukan oleh polisi di wilayah Banten dan diminta untuk segera putar balik. Dilarang melakukan perjalanan pulang kampung, pemudik tersebut kemudian terlihat menangis.

Secara umum penyekatan dilakukan baik di jalan tol maupun jalan non tol. JABARNEWS | CIREBON – Pemerintah telah melarang setiap orang untuk melakukan aktivitas mudik lebaran. Ini sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus corona (covid-19). Ia menambahkan, dari hasil pemeriksaan terhadap para pemudik oleh petugas pos penyekatan di daerah itu pihaknya tidak menemukan pemudik positif Covid-19. REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Sebelum pemberlakuan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021, petugas Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung bersama Dishub, Dinkes, TNI/Polri melakukan penyekatan di lima posko masuk kota Bandar Lampung.

Premaun