Polri

Berbeda, versi Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah, sejak berlakunya pelarangan mudik petugas sudah menjaring 1600 kendaraan untuk disuruh putar balik. Pihaknya, kata dia, meminta para pemudik untuk melengkapi diri dengan surat perjalanan bebas Covid-19 jika hendak melintasi wilayah tersebut. Jika belum, petugas akan mengarahkan pemudik melengkapi surat perjalanan ke fasilitas kesehatan terdekat. Berdasarkan keterangan Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung, sejak pemeriksaan pada 14 April 2021, sudah lebih dari 30 kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat yang dikehendaki, dan disuruh putar balik ke daerah asalnya.

Pemudik disuruh untuk putar balik

Pasalnya, ini merupakan tahun kedua pemerintah mengihimbau masyarakat untuk tidak mudik saat Idul Fitri untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Ia mengatakan semua jalur utama mudik terutama Jawa, Sumatera, dan Bali, akan dijaga ketat dengan mendirikan 333 pos penyekatan, agar semua bisa maksimal dalam meminimalkan pergerakan masyarakat secara bersamaan. Pos penyekatan arus mudik di Karawang diterobos ratusan pengendara motor. Kemudian, sambil berurai air mata dan masih duduk di atas motornya, pemudik wanita itu memohon pada petugas agar diizinkan melintas. Sampai akhirnya, ketika ia memiliki alasan kuat untuk bisa mudik, polisi meloloskannya. Meski demikian banyak yang ‘curi start’ sebelum larangan mudik berlangsung.

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI – 4 bus yang membawa penumpang disuruh putar balik saat hendak memasuki Jambi di batas Jambi – Palembang pada Rabu (28/4/21). four bus yang membawa penumpang disuruh putar balik saat hendak memasuki Jambi di batas Jambi – Palembang pada Rabu (28/4/21). Menurut Sambodo, aturan tersebut berlaku untuk seluruh kendaraan yang tidak menerima pengecualian. Misalnya untuk kendaraan journey gelap, selain diminta putar balik, juga akan diberikan sanksi khusus. Hal ini juga berlaku untuk kendaraan barang yang ketahuan mengangkut orang. MerahPutih.com – Para pemudik yang akan menuju Pulau Madura dengan melewati Jembatan Suramadu, dipastikan bakal gigit jari.

Jika sudah berlaku efektif, maka tidak ada yang bisa lolos karena semua pintu telah dijaga,” imbuhnya. Sebanyak 1.181 kendaraan berupaya meninggalkan Jakarta di hari pertama pelarangan mudik. Mereka diminta untuk memutar balik menuju ke asal perjalanan oleh petugas dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Pos pengamanan penyekatan pemudik di perbatasan didirikan lebih awal untuk.mengantisipasi banyaknya pemudik yang pulang duluan, ” Makanya ada pemeriksaan lebih awal, ” ujar Adriyan.

“Kita akan membagi tiga sif untuk penjagaan di pos penyekatan, agar bisa maksimal,” katanya. Larangan mudik tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM thirteen Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Meski demikian, pemerintah masih mengizinkan perjalanan bagi kelompok tertentu, misalnya orang yang melakukan perjalanan dinas. Roma menjelaskan, selama penyekatan dilakukan pihaknya telah mengizinkan perjalanan kepada kelompok masyarakat dengan alasan tertentu. Yaitu, 2.454 orang dengan alasan perjalanan dinas, 219 orang sakit, dan 32 ibu hamil. Mudik lebaran adalah tradisi pulang kampung yang dilakukan menjelang Hari Raya Idulfitri.

Untuk warga masyarakat jangan mudik, kita juga memastikan mereka sehat dan akan dilakukan swab tes Antigen. Jangan bawa virus ke daerah-daerah lain, kita akan membuat pos untuk take a look at Antigen, kita tetapkan di Batulayang satu,” Senin, 3 Mei 2021. Meskipun tidak persis di garis perbatasan, namun yang mudik antarprovinsi, kita sekat. Kita harapkan yang dari Kaltara tidak ke Kaltim, begitupun sebaliknya,” kata Kapolda Kaltara Irjen Bambang Kristiyono melalui Dir Lantas Kombes Rhomdon Natakusuma.

“Alhamdulillah, dari pemeriksaan kita belum menemukan kasus positif dari para pemudik,” katanya. Suasana penyekatan kenderaan pemudik di Pos Penyekatan Muaracubadak, Rao. Di sisi lain, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengaku akan menindak tegas warga yang mencuri start mudik. Pihaknya juga akan melakukan sejumlah langkah antisipasi termasuk berjaga di jalur-jalur “tikus”. Pemprov DKI Jakarta menanggapi isu yang tengah ramai di masyarakat hari ini mengenai foto wilayah Jakarta dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango. Korps Brimob Polri menerjunkan enam polisi wanita untuk bergabung Operasi Satgas Nemangkawi di Papua.

Irjen Ahmad Luthfi mengatakan penyekatan difokuskan ke para pemudik dari luar daerah. Hal itu seperti perantau dari Surabaya dan berbagai kota besar lainnya di Tanah Air yang jaraknya lumayan jauh dengan Klaten. Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi, menegaskan masyarakat harus menaati larangan mudik saat diberlakukan.

Dalam narasi unggahannya, netizen pengunggah video itu menyebut identitas plat nomor kendaraan yang digunakan satu keluarga pemudik tersebut yakni B 1364 URW. Wiku menekankan bahwa surat izin perjalanan tersebut juga mempunyai ketentuan-ketentuan. Wiku memastikan bahwa selama periode tanggal 6 hingga 17 Mei akan dilakukan operasi screening dokumen. Dalam hal ini dokumen surat izin perjalanan dan surat negatif oleh satuan TNI/Polri dan aparat pemda.

Premaun