Persiapan Penyekatan Larangan Mudik 2021 Di Berbagai Daerah

tirto.id – Larangan mudik 2021 yang ditetapkan oleh pemerintah akan berakhir pada 17 Mei mendatang. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor thirteen Tahun 2021, yang ditandatangani oleh Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo. Soal mudik, Honda tidak pernah menyarankan untuk menggeber sepeda motor. Meski mobil tidak diajak mudik, bukan berarti kondisinya bisa diabaikan. Kemenhub menegaskan bahwa kendaraan yang memaksa mudik akan tetap diputarbalik. “Hal ini mempertimbangkan masih besarnya potensi mobilitas yang dilakukan pasca tanggal 17 Mei 2021, khususnya yang berasal dari Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Barat, serta Jawa Timur yang masuk ke Jawa atau Jabodetabek,” papar Budi Karya.

Motoran nekat mudik, aktor Bollywood lepas moge, sampai Arab Saudi pikirkan mobil listrik. Secara terpisah, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, pemerintah meniadakan mudik Lebaran untuk tahun 2021. Wiku menyebutkan, peniadaan mudik yang dimaksud pemerintah adalah yang kaitannya dengan tradisi “pulang kampung” mengunjungi orangtua dan kerabat untuk tujuan bermaaf-maafan dan silaturahmi.

Persyaratan perjalanan selain mudik berupa membawa print out surat izin perjalanan atau surat izin keluar masuk yang dapat diurus di instansi tempat bekerja bagi pegawai pemerintahan dan swasta atau di kantor kelurahan bagi pekerja sektor casual dan masyarakat umum nonpekerja. Selain surat tersebut, pelaku perjalanan jalur laut diberikan opsi lain yaitu tes negatif GeNose C19 di pelabuhan. Tak hanya berlaku bagi para ASN, pihak keluarga dari ASN pun diminta untuk turut andil dalam menyukseskan upaya pemerintah menekan persebaran COVID-19 melalui larangan mudik Lebaran tahun ini. Larangan mudik jelang Idul Fitri sebenarnya bukan hanya tahun ini diberlakukan. Tahun lalu, saat angka persebaran kasus positif COVID-19 di Indonesia sedang tinggi, pemerintah juga mengeluarkan larangan mudik, khususnya di wilayah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar kala itu. Kendaraan yang mengangkut repatriasi pekerja migran Indonesia, WNI, pelajar yang berada di liar negeri serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sekalipun diperbolehkan, lanjut Sandi, wisata harus dilaksanakan dalam bingkai PPKM mikro dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Terlebih, gubernur Jabar sendiri telah memasukkan Ciayumajakuning ke dalam konsep pengembangan potensi daerah yang disebut Cirebon Raya. Penyebutan ini sedianya sudah dapat disebut wilayah aglomerasi. Dari addendum tersebut, sekitar sebulan atau dari 22 April hingga 24 Mei 202 kebijakan pembatasan dirasakan masyarakat. C. Mereka yang harus mengantongi izin SIKM antara lain, kerja perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit atau duka, ibu hamil dan satu pendampingnya, persalinan dan dua pendampingnya. “Tetapi untuk masyarakat umum, kebijakan melarang mudik diyakini kurang mampu berjalan efektif,” kata.

Namun, kamu tidak perlu mengisi e-HAC sebagaimana yang dilakukan penumpang pesawat dan kapal laut. Di zaman kerajaan, para petani Jawa yang merantau ke luar daerah melakukan mudik ke kampung halaman untuk membersihkan makam leluhurnya. Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia selalu melakukan mudik atau tradisi pulang kampung dari tanah perantauan. Rupanya, sejarah mudik ini sudah ada sejak zaman Majapahit. Tujuannya untuk memaksimalkan manfaat dari pelaksanaan vaksinasi yang telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Hal itu bertujuan untuk mencegah lonjakan kasus penularan Covid-19. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Jabar dari Dapil Jabar XV Ali Rasyid , Neng Madinah , KH. Itulah sedikit banyak informasi mengenai larangan mudik 2021.

Larangan Mudik 2021

“Adapun syarat perjalanan keluar kota, yaitu membawa surat atau dokumen negatif Covid-19 yang berlaku 1×24 jam untuk Polymerase Chain Reaction dan rapid test Antigen. Serta GeNose yang berlaku di hari keberangkatan,” ungkap Juru Bicara Kementerian Perhubungan , Adita Irawati. Kewajiban mengisi e-HAC bagi pelaku perjalanan dengan moda transportasi laut dan udara. Imbauan pengisian e-HAC alias Health Alert Card bagi pelaku perjalanan dengan moda transportasi darat baik umum maupun pribadi. Selama masa peniadaan mudik, pemerintah masih mengizinkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lokal alias pergi ke daerah lain yang masih termasuk sebagai satu aglomerasi yang sama.

Premaun