Artwork Kembali Dari Mudik, Boleh Langsung Bekerja?

Jika pertanyaannya adalah, “haruskah” Anda memberi tahu karyawan untuk karantina selama 14 hari, itu pertanyaan yang benar-benar tidak dapat kami jawab karena semua banyak variabel di atas. Jika Anda belum melakukannya, kami akan merekomendasikan menghubungi departemen kesehatan setempat untuk melihat apa yang mereka katakan dengan keadaan tertentu. Dokter Reisa mengatakan, percikan air liur atau droplets yang dikeluarkan ketika seseorang itu batuk, bersin, berbicara atau bahkan bernyanyi. WHO mendefinisikan penularan melalui udara sebagai penyebaran agen penular yang disebabkan oleh penyebaran aerosol yang melayang di udara dalam jarak dan waktu yang lama.

Melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari, menerapkan phyisical distancing, memakai masker dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat . Dalam beberapa minggu terakhir kita membatasi aktivitas di luar rumah serta membiasakan diri untuk belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah sesuai imbauan pemerintah. Rutinitas baru yang kita jalani ini merupakan salah satu bentuk kesadaran kita untuk menghindarkan diri agar tidak tertular atau menularkan virus Corona yang terus memakan korban jiwa setiap harinya. Kepedulian seperti inilah yang perlu kita pupuk untuk mencegah penyebaran virus Corona supaya kita bisa bersama-sama mengatasi masa-masa sulit ini dengan baik. Selama masa PSBB, pergerakan warga DKI Jakarta akan dibatasi sedemikian rupa dan mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Pembatasan ini dimulai pada 10 April 2020 hingga 14 hari ke depan dengan kemungkinan bisa diperpanjang jika dibutuhkan.

Bekerja dalam masa Covid

Perbarui profil JobStreet kamu dengan tagar #LangsungKerja untuk memberitahukan ke perusahaan bahwa kamu siap untuk langsung kerja. Dari mereka yang umumnya tenaga kerja permanen, menjadi karyawan kontrak sementara, pekerja lepas, maupun karyawan tidak tetap. Hasil penelitian dari Cisco menunjukkan 58% karyawan akan bekerja dari rumah selama 8 hari atau lebih setiap bulan pascapandemi COVID-19. Hal tersebut membuat para pekerja dihadapkan dengan penerapan hybrid working saat masyarakat mulai melakukan berbagai aktivitas di luar rumah.

Pemerintah menyakini, tahun 2021 akan menjadi titik balik perekonomian Indonesia. Untuk membangkitkan kembali ekonomi, pemerintah tetap melanjutkan program pemulihan ekonomi nasional . Melalui PEN ini, diharapkan dapat mendorong daya beli masyarakat di tahun 2021 sekaligus untuk memperluas penciptaan lapangan kerja di Indonesia. Kuartal II merupakan puncak dari semua kelesuan ekonomi karena hampir seluruh sektor usaha ditutup untuk mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Bagi pekerja/buruh yang dikategorikan sebagai ODP terkait COVID-19 berdasarkan keterangan dokter sehingga tidak dapat masuk kerja paling lama 14 hari atau sesuai standar Kementerian Kesehatan, maka upahnya dibayarkan secara penuh. Live Attendance dapat membantu perusahaan untuk memantau langsung kehadiran karyawan yang bekerja dari rumah. Prinsipnya adalah melalui check–in dan check–out yang dapat dilakukan langsung dari ponsel karyawan. Hal ini tentunya membawa perubahan terhadap kegiatan bisnis dan ekonomi, khususnya di perusahaan yang dulu mengharuskan karyawannya untuk datang dan bekerja di kantor.

Banyak cara yang bisa dilakukan organisasi atau institusi untuk mendukung program pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 maupun dalam upaya membangkitkan dunia usaha di tengah pandemi ini. Upaya memutus mata rantai penularan virus, bisa dilakukan dengan mengajak semua orang mematuhi protokol kesehatan, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan atau jaga jarak, memakai masker dan lainnya. Jika pada akhirnya pemerintah menyatakan dukungannya untuk melindungi para buruh dengan salah satunya adalah memberikan pernyataan secara hukum bahwa Covid-19 sebagai penyakit akibat kerja.

Dapat, bagi mereka yang terkena dampak dari penyebaran Virus Corona Covid-19, sebagaimana disebutkan dalam Pasal 21 Pergub DKI Jakarta No. 33 Tahun 2020. surat pernyataan dari Narapidana tidak akan melarikan diri dan tidak melakukan perbuatan melanggar hukum. Berdasarkan Pasal 1 Ayat disebutkan bahwa Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat adalah program pembinaan untuk mengintegrasikan Narapidana dan Anak ke dalam kehidupan masyarakat setelah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Sebagian perkantoran memang masih menerapkan sistem kerja dari rumah di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Perasaan bosan pun kerap menyelimuti para pekerja untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk pasca libur Lebaran. Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani menegaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya tetap bekerja dalam menjalankan tugas konstitutionalnya di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) ini.

Premaun